Selamat Datang di Website Resmi Dinas Lingkungan Hidup - Kabupaten Dairi

BannerBerita

𝗛𝗮𝗿𝗶 𝗟𝗶𝗻𝗴𝗸𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗛𝗶𝗱𝘂𝗽 𝗦𝗲𝗱𝘂𝗻𝗶𝗮, 𝗗𝗶𝗻𝗮𝘀 𝗟𝗶𝗻𝗴𝗸𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗛𝗶𝗱𝘂𝗽 𝗠𝗲𝗹𝗮𝗸𝘂𝗸𝗮𝗻 𝗔𝗸𝘀𝗶 𝗚𝗼𝘁𝗼𝗻𝗴 𝗥𝗼𝘆𝗼𝗻𝗴 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗻𝗮𝗻𝗮𝗺𝗮𝗻 𝗣𝗼𝗵𝗼𝗻 𝗱𝗶 𝗞𝗲𝗰𝗮𝗺𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗦𝗶𝗹𝗮𝗵𝗶𝘀𝗮𝗯𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻

Silalahi – Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan gotong-royong dan penanaman pohon di Kecamatan Silahisabungan pada hari Rabu (21/06/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 yang diselenggarakan setiap tanggal 5 Juni. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang sehat serta ajakan untuk melestarikan bumi.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 ini, antara lain, aksi gotong royong, penanaman pohon, pembagian bibit pohon dan pembagian tong sampah.

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan yang bertempat di Dermaga Silalahi, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Amper Nainggolan. Dalam sambutannya, Amper Nainggolan mengatakan bahwa polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas di seluruh dunia, termasuk ancaman Danau Toba yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Sampah plastik yang berakhir di lautan sebagian besar dihasilkan dari sumber polusi darat yang merupakan akibat kebiasaaan buruk menggunakan produk plastik secara berlebihan dan membuang sampah sembarangan.

“Melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 ini, saya menyerukan kepada semua masyarakat Silahisabungan untuk bersama-sama menemukan dan memperjuangkan solusi polusi plastik ini,” kata Amper Nainggolan.

“Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Lingkungan Hidup mengajak kita untuk terus menggalakkan berbagai langkah dan upaya untuk mendorong kehidupan yang berkelanjutan secara kondusif agar lingkungan sehat. Sebagai daerah dengan kearifan lokal yang tinggi, mari kita hidupkan dan tanamkan kembali Gotong Royong menuju Silahisabungan yang lebih bersih, hijau dan bebas plastik,” tambahnya.

Sebelumnya, telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kecamatan Silahisabungan, Jumat (16/6/2023). Peristiwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 16.22 WIB berada di Desa Paropo. Dengan adanya kebakaran hutan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup bersama-sama dengan aparat desa, para pelajar dan masyarakat Silahisabungan melakukan aksi penanaman pohon di sekitar lokasi kebakaran hutan. Penanaman pohon ini merupakan langkah konkret Dinas Lingkungan Hidup untuk mengajak masyarakat agar dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam.

Selain menanam pohon, dilakukan juga aksi gotong royong mengumpulkan sampah plastik yang ada disekitar Dermaga Silalahi. Sampah plastik yang berserakan di sepanjang jalan dikumpulkan untuk selanjutnya diangkut oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup.

Mengutip dari situs World Environtment Day, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 adalah “Beat Plastic Pollution”. Tema ini menjadi pengingat bahwa tindakan masyarakat terhadap polusi plastik adalah hal yang penting.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 akan menunjukkan bagaimana negara, bisnis, dan individu belajar untuk menggunakan bahan secara lebih berkelanjutan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pemakaian plastik serta mencegah terjadinya polusi plastik.

Turut Hadir dalam acara kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Bahrim Tarigan, Camat Silahisabungan Landong Napitu, Seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Silahisabungan, Aparat Desa Silalahi I, Aparat Desa Silalahi II, Aparat Desa Paropo, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Silahisabungan, Kepala Sekolah SD 034796, Kepala Sekolah SD 030342, SMA Negeri 1 Silahisabungan, Para Pelajar, Tokoh Masyarakat, dan Masyarakat Kecamatan Silahisabungan.

Lihat Berita ini di akun Media Sosial Dinas Lingkungan Hidup:
Facebook Instagram

Related Articles

Back to top button